ARFICTION Karya Mahasiswa FTP Mampu Deteksi Kadaluarsa Pangan dalam Hitungan Menit

ARFICTION Karya Mahasiswa FTP Mampu Deteksi Kadaluarsa Pangan dalam Hitungan Menit


Penentuan umur simpan atau tanggal kadaluarsa makanan merupakan salah satu kewajiban Produsen untuk menjamin keamanan pangan konsumen seperti yang tertera dalam Undang-undang Pangan no.7/1996 serta Peraturan Pemerintah No. 69/1999 tentang Label dan Iklan Pangan. Namun, penentuan tanggal kadaluwarsa atau umur simpan makanan, terutama di industri  Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) masih menggunakan metode konvensional dengan menyimpan makanan pada suhu kamar dan menunggu sampai kerusakan produk di mana metode ini memakan waktu lama dan bahkan bertahun-tahun. Masalah ini dapat menghambat dalam berinovasi makanan untuk menghadapi revolusi industri 4.0 dan bersaing di pasar global.

Padahal menurut data dari Kementerian Perindustrian, pada tahun 2014 pelaku UMKM memiliki jumlah yang berkontribusi 99,99% dalam pembangunan ekonomi nasional. Dari jumlah UMKM di Indoneisa, 90% UMKM bergerak di sektor industri makanan olahan, salah satunya adalah keripik tempe yang memiliki jumlah 940 unit pengrajin.

Berdasarkan permasalahan tersebut, tiga Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) , Bagas Rohmatulloh (TEP 2017), Zubaidah Widya Putri (TEP 2017) dan Widya Nur Habiba (THP 2015) dibimbing oleh bapak Joko Prasetyo,STP,M.Si menciptakan alat praktis yang dapat mengestimasi umur simpan atau tanggal kadaluarsa yang cepat dan tepat. Alat tersebut bernama ARFICTION.

ARFICTION menggunakan sensor dielektrik untuk menentukan sifat bioelektrik makanan kemudian dianalisis menggunakan Artifical Neural Network (ANN) untuk menghasilkan data estimasi masa simpan makanan olahan.  Penerapan ARFICTION dengan menggunakan keripik tempe sebagai sampel terbukti dapat memperkirakan umur simpan makanan olahan hanya dalam hitungan menit dan tingkat keakuratan 96%. Bagas dan tim juga berharap bahwa inovasinya dapat diaplikasikan secara luas kepada pelaku produsen makanan terutama industri mikro, kecil dan menengah. ARFICTION merupakan hasil karya mahasiswa FTP UB yang mendapat pendanaan dari RISTEK Dikti melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Karya Cipta (KC) (dse/Humas UB)



Source link

Comments are closed.