Cangkang Kapsul Buatan Lokal Siap Produksi Massal

Cangkang Kapsul Buatan Lokal Siap Produksi Massal


Pemanfaatan potensi lokal untuk mendorong daya saing industri farmasi dalam negeri, terus menjadi perhatian pemerintah.

BPPT dalam hal ini telah berhasil menghadirkan inovasi cangkang kapsul dari rumput laut, yang telah siap diproduksi massal.

Disampaikan Kepala BPPT Hammam Riza saat peluncuran inovasi Cangkang kapsul (hard capsule) dari rumput laut, bahwa inovasi teknologi ini dihasilkan oleh BPPT bekerjasama dengan PT Kapsulindo Nusantara.

“Dengan menggunakan bahan baku rumput laut yang sangat melimpah, maka cangkang kapsul inipun akan juga disukai oleh para vegetarian. Selain itu, produk cangkang kapsul ini kami harapkan mempunyai daya saing yang tinggi secara ekonomi, dan dapat diterima baik oleh masyarakat pengguna,” papar Kepala BPPT di Gunung Putri, Bogor, Rabu (10/07/2019).

Hingga kini pembungkus kapsul untuk obat yang dikonsumsi masyarakat, dibuat dari gelatin yang bahan bakunya adalah impor. Padahal Indonesia menjadi salah satu negara produsen rumput laut terbesar sedunia, akan tetapi sebagian besar masih diekspor dalam bentuk bahan mentah.

Hammam kemudian mengatakan bahwa inovasi teknologi produksi cangkang kapsul rumput laut merupakan hasil karya dari para perekaya dan peneliti  BPPT, yang awalnya berada dalam tataran invensi. 

Invensi tersebut, jelasnya dapat dimanfaatkan atau diterapkan di industri  serta diproduksi pada skala komesial (komersialisasi) yang dikenal dengan istilah inovasi. 

“Untuk mengkomersialisasikan produk invensi, BPPT sebagai lembaga pemerintah, tidak dapat bekerja sendiri. 

Oleh karena itu BPPT harus menggandeng mitra industri,” paparnya.

Diakui Hammam, untuk menjadikan suatu produk teknologi pada tataran invensi menjadi inovasi, tidaklah mudah, memerlukan waktu yang panjang dan upaya yang tidak sedikit. Dari segi teknis diperlukan upaya-upaya perbaikan, penyempurnaan dan penyesuaian (adjustment), demikian juga dari sisi ekonomi dan pasar. Untuk itu kerjasama dengan industri lokal menjadi sangat penting.

“Kami memberi apresiasi kepada tim dari PT Kapsulindo Nusantara atas kerjasamanya, kerja keras dan ketekunan serta kesabarannya bersama dengan  tim perekayasa Pusat Teknologi Agroindustri – BPPT yang telah bekerja keras menghasilkan paten bersama dan mewujudkan inovasi kapsul rumput laut, hingga dapat diproduksi secara massal pada skala komersial,” ujarnya.  

Hammam lantas berharap agar inovasi BPPT lainnya dapat segera dimanfaatkan oleh industri, guna peningkatan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), serta mewujudkan industri lokal yang berdaya saing tinggi.

“Semoga wujud sinergi yang baik antara BPPT, sebagai lembaga Pemerintah,  dengan mitra industri seperti ini, semakin banyak tercipta,” pungkasnya. (Humas/HMP)

Sumber berita :
https://www.bppt.go.id/layanan-informasi-publik/3613-cangkang-kapsul-buatan-lokal-siap-produksi-massal



Source link

Comments are closed.