Pembukaan POMNAS XVI Jakarta 2019 Dihadiri 3.404 Atlet, Dimeriahkan 919 Penari, 100 Vokalis, dan 60 Pemain Musik

Pembukaan POMNAS XVI Jakarta 2019 Dihadiri 3.404 Atlet, Dimeriahkan 919 Penari, 100 Vokalis, dan 60 Pemain Musik


Siaran Pers Kemenristekdikti
189/SP/HM/BKKP/IX/2019

Jakarta – Ajang olahraga mahasiswa terbesar di Indonesia, Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) dilangsungkan di Jakarta untuk ke-16 kali pada tahun 2019 ini. POMNAS XVI Jakarta 2019 dibuka pada Kamis, 19 September 2019 di Gelanggang Olahraga Mahasiswa Soemantri Brojonegoro (GMSB) dan ditutup sepekan sesudahnya pada Kamis, 26 September 2019. Pembukaan POMNAS XVI 2019 ini dihadiri oleh tujuh ribu orang, yang mencakup 3.404 atlet dan 1.337 official dari setiap provinsi di Indonesia serta supporter dari masyarakat umum.

“Selamat berkompetisi kepada para peserta Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional yang ke-16 di 2019 ini. Semoga pada POMNAS di tahun ini kemampuan mahasiswa di bidang olahraga dan kualitas pendidikan tinggi Indonesia dapat terus ditingkatkan. Semangat berkompetisi,” ungkap Direktur Jenderal Kemahasiswaan dan Pembelajaran Ismunandar saat Pembukaan XVI Jakarta 2019 di Gelanggang Olahraga Mahasiswa Soemantri Brojonegoro (GMSB) pada Kamis (19/9) yang dimulai pukul 19.00 WIB.

Dalam POMNAS ini, para mahasiswa yang menjadi atlet selain diberikan kesempatan untuk saling mengenal mahasiswa dari provinsi lain, juga diberikan kesempatan untuk menjadi atlet yang akan dibina oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Selain itu, mereka akan diberi fasilitas untuk mengunjungi seluruh tempat wisata di DKI Jakarta.

“Jangan sia-siakan kesempatan untuk mengambil manfaat besar dari kegiatan ini. Mari kita terus bersama-sama membangun persatuan dan kesatuan. Semoga keberhasilan dan masa depan yang cerah, milik Saudara semua. Negara besar yang kita cintai ini menantikan pengabdian berkualitas dari Saudara semua,” ungkap Dirjen Pembelajaran dan kemahasiswaan di hadapan ratusan perwakilan atlet.

POMNAS kali ini yang pelaksanaannya dipimpin oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) juga mendapat dukungan berupa dana dan fasilitas dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terutama bagi atlet dan officials.

“Para atlet dan official dijamin keselamatannya oleh BPJS Ketenagakerjaan. Semoga semuanya selamat, dan nanti pada waktunya teman-teman dari 34 provinsi yang ikut berlaga di sini, Pemerintah DKI Jakarta akan memberikan layanan khusus ke destinasi di DKI Jakarta yang teman-teman sukai, termasuk mencoba MRT. Saat ini saya yakin pelaksanaan POMNAS akan berjalan dengan lancar,” ungkap Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah saat mengucapkan pidato dalam kesempatan yang sama.

Pejabat Pelaksana Harian Rektor Universitas Negeri Jakarta Intan Ahmad sebagai koordinator pelaksana POMNAS XVI Jakarta 2019 mengungkapkan di hadapan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dan para atlet bahwa para mahasiswa ini perlu mendapat dukungan lanjutan dari KONI agar Indonesia dapat memiliki atlet-atlet yang memenangkan kompetisi olahraga internasional.

“Sejarah capaian prestasi olahraga Indonesia pada ASEAN Games 2018 lalu, Indonesia memperoleh 31 medali emas. 22 di antaranya diperoleh oleh para mahasiswa. Ini suatu bukti nyata, bagaimana kontribusi para pemuda dalam olahraga di Indonesia,” ungkap Ketua Umum Pengurus Besar POMNAS XVI Jakarta 2019 sekaligus Pejabat Pelaksana Harian Rektor Universitas Negeri Jakarta Intan Ahmad.

Masyarakat dapat menonton secara gratis 199 nomor pertandingan POMNAS XVI Jakarta 2019 di 19 venue atau lokasi olahraga di seluruh Jakarta. Untuk dapat mengetahui perkembangan, jadwal, dan lokasi dari 199 pertandingan tersebut, masyarakat dapat membuka akun Instagram @pomnasjakarta2019, akun Facebook: Pomnas XVI Jakarta 2019, akun Twitter @POMNas2019, dan akun YouTube: POMNAS JAKARTA 2019. Masyarakat juga dapat melihat tim yang bertanding, jadwal pertandingan, dan lokasi pertandingan pada link bit.ly/JHPOMNASXVI2019

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang mengkoordinasikan panitia POMNAS kali ini menghadirkan 919 penari yang akan memamerkan tarian selamat datang dari berbagai provinsi. Jumlah 919 disesuaikan dengan tanggal pembukaan POMNAS, yaitu pada pukul 19.00 tanggal 19-9-2019 dan berasal dari UNJ, SMKN 57 Jakarta, SMAN 44 Jakarta, SMPN 52 Jakarta, Sanggar Sri Budaya, dan Sanggar Ratna.

Tarian selamat datang ini akan diiringi oleh orkestra dari UNJ yang memiliki 100 pemain musik dan paduan suara yang terdiri dari 60 vokalis. Mahasiswa dan mahasiswi UNJ yang tampil ini mayoritas tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kesenian di UNJ. Pertunjukkan laser dan kembang api juga akan memeriahkan pembukaan POMNAS.

POMNAS XVI Jakarta 2019 mengusung tema “Semangat, Sportif, dan Berprestasi”, sesuai dengan tujuan POMNAS, yaitu memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan, dan persahabatan antar mahasiswa seluruh Indonesia, membantu pemerintah dalam peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga nasional dan Internasional, serta menanamkan pendidikan karakter pada mahasiswa melalui olahraga.

POMNAS XVI Jakarta 2019 akan diikuti oleh 34 provinsi dan melibatkan kurang lebih 3.404 atlet dan 1.337 official. Para atlet akan bertanding di 19 cabang olahraga yang memperebutkan 713 medali. 18 venue atau lokasi pertandingan tersebar di seluruh Jakarta sudah disiapkan oleh panitia untuk menyambut para atlet kebanggan perguruan tinggi dan provinsi tersebut. Selain itu, POMNAS XVI Jakarta 2019 kali ini akan mempertandingkan empat cabang olahraga eksebisi, yaitu angkat besi, bola tangan, cricket dan e-sport.

POMNAS XVI Jakarta 2019 kali ini memiliki maskot berupa elang bondol (Haliastur indus) yang tinggal di sepanjang pantai dan mangrove DKI Jakarta. Maskot ini diberi nama Si Bondi. Elang bondol yang juga maskot dari Provinsi DKI Jakarta ini melambangkan sikap ulet serta tangguh dalam mencapai prestasi.

Turut hadir dalam pembukaan ini Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dan jajarannya, Ketua Panitia POMNas XVI sekaligus Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) DKI Jakarta Achmad Sofyan Hanif, Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Syahrial, Walikota Administratif Jakarta Selatan Marullah Matali, serta para eselon Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, para perwakilan BAPOMI seluruh Indonesia, serta para atlet dan officials POMNAS XVI dari setiap provinsi di Indonesia.

Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
dan
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Kemenristekdikti
dan
Sekretariat Panitia POMNas XVI
Universitas Negeri Jakarta (UNJ)



Source link

Comments are closed.