TINNERIS (TIRAI BANNER LUKIS ANTI NYAMUK AROMA TERAPI)

TINNERIS (TIRAI BANNER LUKIS ANTI NYAMUK AROMA TERAPI)

Mahasiswa Politeknik Negeri Malang membuat suatu produk baru dangan nama TINNERIS (Tirai Banner Lukis Anti Nyamuk Aromaterapi).  Mahasiswa tersebut terdiri atas 5 orang. Kelompok PKM-K ini di ketuai oleh  adalah Fiarida Tika Amasis (D4 Akuntansi Manajemen, angkatan 2017), dan 4 orang anggota diantaranya : Kurnia Tri Cahyani (D3 Teknik Kimia, angkatan 2016); Indah Sukmawati (D3 Teknik Kimia, angkatan 2017); Nur Fahmi Novianto (D4 Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, angkatan 2017); Unita Usfiatul Fardiani (D3 Akuntansi, angkatan 2017). Progam ini bertujuan untuk melatih jiwa kewirausahaan, meningkatkan inovasi dan kreativitas. Ide membuat produk ini muncul saat melihat pesta demokrasi yang menggunakan bahan banner sebagai media kampanye serta event-event lain baik akademik maupun non akademik yang juga meggunakan banner untuk menyebarkan informasi, dimana setelah acara berlangsung banner tersebut tidak dipakai dan dibuang sehingga dapat mencemari lingkungan, mengingat banner terbuat dari bahan sejenis plastik yang sulit terurai. Untuk mengatasi masalah tersebut Mahasiswa Politeknik Negeri Malang mendaur ulang banner bekas yang sudah tidak terpakai menjadi sebuah tirai modern dengan jenis vertical blind. Bahan banner sangat cocok dijadikan daun tirai karena sifatnya yang tidak terlalu kaku, dan tidak tembus pandang.

Untuk meningkatkan nilai jual dari tirai ini, maka di berikan lukisan pada daun tirai yang dapat dicustom sesuai keinginan konsumen sehingga berbeda dengan vertical blind pada umumnya yang memiliki warna polos. Selain itu juga ditambahkan tempat gantungan aromaterapi sebagai upaya untuk mengurangi nyamuk yang biasanya menempel pada tirai, aromaterapi ini dapat direfill dan ditemukan di berbagai toko swalayan. Selain motif lukisan yang bisa di custom, untuk ukuran jendela juga sesuai dengan permintaan konsumen.

Sebelumnya para mahasiswa ini mengikuti kompetisi PKM yang diselenggarakan oleh UKM Pendidikan dan Penalaran Politeknik Negeri Malang dan berhasil mendapatkan penghargaan sebagai PKM-K terbaik, kemudian melanjutkan Proposal PKM tersebut untuk penguploadan nasional pada tahun 2018. Pada bulan Maret tahun 2019 telah dinyatakan lolos pendanaan oleh Kemenristekdikti. Dana tersebut digunakan untuk menjalankan produksi tirai sesuai dengan proposal yang diajukan. Setelah memperoleh dana proses selanjutnya adalah melakukan produksi dan pemasaran produk TINNERIS secara langsung maupun secara online. Pemasaran secara langsung dilakukan dengan mendirikan stand di rampal serta di acara Car Free Day Ijensedangkan pemasaran secara online dilakukan dengan cara membuka lapak di Tokopedia serta media sosial seperti Instagram dan Facebook. Pemasaran ini akan memperkenalkan produk TINNERIS serta mempermudah masyarakat untuk mengakses dan membelinya. Beberapa akun media social yang dapat dikunjungi, diantaranya : Twitter (@tinneris); Instagram (@tinneris.id); Tokopedia (Tirai Lukis); Shopee (Tirai Lukis). Dengan membeli produk TINNERIS kalian juga ikut serta dalam menyelamatkan lingkungan dari pencemaran sampah plastik.

Sumber berita :
https://www.polinema.ac.id/berita/2019/07/tinneris-tirai-banner-lukis-anti-nyamuk-aroma-terapi/

Source link

AKDSEO